T e m u k a n T e m p a t d a n M a k a n a n F a v o r i t m u !

[REVIEW] Membuat Nasi Terasa Maknyus

Beras Maknyuss

Sudah dua minggu ini aku mencoba beras baru. Beras Maknyuss. Jika rajin menonton televisi pasti tau beras ini. Kenapa ya aku suka beras maknyuss ini? Ya itu, persis kayak iklannya...Karena beras Maknyuss...
"beras 3P, tanpa Pengawet, tanpa Pewangi, tanpa Pemutih...Pilihan tepat untuk nasi yang pulen daaan enak..." Yak...gitu bunyi iklannya di tivi.


Beras Maknyuss sebelum dan setelah dimasak

Jadi begini....Jujur, kalau untuk sarapan aku jarang makan nasi putih. Cenderung lebih memilih makanan lain, roti atau sereal, plus jus atau susu. Makanya badannya langsing kan? *dududu...Namun, hampir sebagian besar orang merasa belum sarapan jika tidak makan nasi. Buat mereka nasi plus lauk pauknya menjadi sarapan yang enak dan mengenyangkan. Termasuk anak-anakku. Jadi mau ga mau aku wajib gedebak gedebuk bangun pagi buat menyiapkan  sarapan mereka. Ngga masalah juga siih...aku kan wonder women bisa menyiapkan bahan masakannya dari malam. Pagi tinggal diolah. Lagipula sekalian bikin untuk bekal di sekolah mereka.  Selain buat sarapan, aku selalu menyiapkan bekal nasi beserta lauknya buat dibawa.mereka ke sekolah. Nasi+ capcay + ayam goreng, misalnya. Atau nasi goreng + frozen-an + buah.  Walau sudah sekolah menengah, putri sulung masih mau membawa bekal nasi dari rumah. Alasannya, ga mau antri makan di kantin sekolah.KAlau untuk si bungsu, aku buat tampilan nasi yang agak menarik. Bento? Ga lah. Gibe sudah ngga mau bawa bekal bento. Kayak anak TK, katanya. Sok gede deh. Yaa, buat Gibe aku bikin tampilan nasinya agak menariklah. Tetapi sederhana aja siy. Idenya bisa dari mana saja. Yang penting cepat dan singkat membuatnya. Nasi Bola-Bola, ini misalnya. Nasi yang baru masak (bukan nasi angetan ya) dibulat-bulatkan dengan dicampur smoked beef, kuning telur, atau brokoli.

Nasi Bola-Bola, bekal nasi buat Gibe


Dan yang pasti nasinya juga berasal dari beras pilihan. Beras pilihan di sini maksudnya adalah beras yang baik. Memilih beras yang baik itu mudah kok. Pertama lihat dulu dari tampilan berasnya, beras berwarna kekuningan jangan dipilih. Tetapi juga jangan memilih beras yang berwarna putih sekali. Agak-agak curiga kalau lihat beras putih banget. Takut sudah dicampur pemutih. Hindari juga beras yang ada kutunya dan banyak kerikilnya. Untuk lengkapnya ini dia hasil browsing tentang tentang beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih beras agar terhindar dari beras campuran :

 


Balik lagi ke acara mencoba beras Maknyuss ini. Setelah ditanak, selain aromanya yang enak, nasi dari beras maknyuss mudah dibentuknya. Rasanya lebih enak dan pulen. Apalagi proses pencuciannya cukup sekali bilas, jadi cepat memprosesnya untuk di masak dan ngga khawatir zat patinya hilang saat kita mengkonsumsi beras itu menjadi nasi.  Dulu kan isu beras berformalin atau mengandung pemutih sempat membuat khawatir. Mencuci beras jadi berkali-kali sampai air bilasannya bening. Sampai terpikir gimana mau mendapatkan vitamin dari berasnya kalau bening begitu.  Nah, kalau beras maknyus ini cukup sekali bilas, karena tanpa pemutih dan pengawet.  Kualitas berasnya lebih bagus dan rasanya lebih pulen, butirannya juga utuh-utuh. Dan yang aku suka, harganya ngga mahal...*ibu2 gitu loh. Dan walau diklaim tanpa pewangi, nasi dari beras Maknyuss tetap wangi saat dan setelah ditanak. Hari Jumat kemaren, aku juga mencoba membuat nasi hainan dengan memakai beras Maknyuss ini. Jika dalam satu hari tidak ada rencana pergi kemana mana, aku suka sekali mencoba resep-resep yang sederhana aja. Dan lihat hasilnya....
Nasi Hainan. Tampilan nasinya bagus, harum, dan enak
Mau Nasi Hainan bikinanku? Ayo main ke rumah...
Ternyata beras Maknyuss dibuat menu apa saja tetap bagus. Tampilan nasinya tetap utuh, tidak blenyek. Lain waktu aku juga membuat nasi goreng dari beras ini. Untuk membuat nasi goreng yang enak aku menggunakan nasi semalam (bukan nasi baru matang). Karena nasi goreng lebih enak memakai nasi yang kering, kalau nasi baru tanak kan basah teksturnya agak lembek. Nasi lembek kalau dicampur demgan kecap dan bumbu nasi goreng bikin tambah lembek. Nasi goreng jadi kurang nikmat.  Saat aku menggunakan nasi kemarennya (dari beras maknyuss), nasinya masih bagus. Tidak berair. Menandakan bahwa beras yang ku masak itu tidak mengandung bahan kimia.

Hhmmm...jadi pengin bikin menu apalagi yaaa... 


Catatan Beras Maknyuss:

Beras Maknyuss merupakan produksi dari PT. Sukses Abadi Karya Inti, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang ricemill dengan pengolahan secara modern dan bernaung di bawah korporasi besar PT. Tiga Pilar Corporation.
Beras Maknyuss merupakan beras varietas IR64 berstandar ISO dan SNI yang telah diproses dengan teknologi tinggi sehingga:
Tanpa Pemutih
Diproses dengan teknologi modern tanpa bahan kimia untuk menghasilkan beras putih alami.

Tanpa Pengawet

Diproses dengan tingkat pengeringan optimal sehingga beras tahan lama tanpa menggunakan pengawet

Tanpa Pewangi

Diproses dan dikemas langsung untuk menjamin aroma alami beras tetap terjaga tanpa menggunakan pewangi.

Beras Maknyuss tersedia dengan tiga pilihan ukuran, yaitu 5 Kg, 10 Kg, dan 25 Kg. Saat ini beras Maknyuss sudah bisa diperoleh di Pasar Traditional, Toko Beras dan Kelontong, Mini Market, Supermarket bahkan Modern Outlet seperti :
Carrefour, Hypermart, Foodmart, Lotte Mart, Lotte Wholesale, Giant, Hero, Ranch Market, Farmers, Lion Superindo, Diamond, Tip Top, Naga, Alfamart dan AEON.

11 komentar:

Donna Imelda mengatakan...

aku lapar lihat postinganmu, maaak. Nasi Hainan itu bkin mupeng malam2 gini hiks. Btw... itu bola2 nasinya lucu, kreatif banget euy.

suria riza mengatakan...

Nasi bola2 gitu gimana mbak bikinnya????

Dwina Yusuf mengatakan...

Campurannya dimatengin dulu, Cha. Trus dibuletin sama nasi.

Dwina Yusuf mengatakan...

Yaa...aku mah bisanya gitu aja, mba...:)

Agustinadian Susanti mengatakan...

aku juga pernah nyobain beras ini mak bener bener putih dan wangi.. teksturnya sebelum dimasak keras ya sempet ragu takut kalau beras plastik hihi..

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Bener itu, Mba Wi. Kalo bikin nasi goreng bagusnya nasi semalam, ya, bukan nasi baru mateng. Pengin bikin bekal nasi bola juga buat Sulthan. Makasih idenya.

Sonta Frisca mengatakan...

Ngiler lihat fotonya... jadi pengen makan nasi goreng

Sonta Frisca mengatakan...

Ngiler lihat fotonya... jadi pengen makan nasi goreng

umminashivan mengatakan...

waktu kost malas masak...coba dari dulu wiek...kan aq bs nyicip jg..yg rajin masak malah akyu....dududuu...hihi...senang akhirnya dirimu pintar masak say...muach2

Pengobatan Kanker Kolon mengatakan...

maknyus dah

Cumilebay MazToro mengatakan...

Nyokap ku kalo masak nasi suka di kasih campuran pandan dan agar2

Posting Komentar