T e m u k a n T e m p a t d a n M a k a n a n F a v o r i t m u !

Galendo Oleh-Oleh Khas Ciamis

Selain berkuliner yang menjadi incaran para pemudik di kampung halamannya, berburu oleh-oleh makanan khas daerah juga menjadi daftar you must do saat mudik. Setiap pergi mudik, tidak boleh lupa oleh-oleh untuk tetangga di rumah. Tetangga kanan kiri dan depan rumah. 
  
Seperti mudik ke Ciamis beberapa hari yang lalu. Mencari oleh-oleh khas daerah Ciamis itu mudah karena makanannya bukan termasuk makanan yang sulit didapat. Apa saja oleh-oleh Ciamis? Diantaranya ada saroja, sale pisang, papais, opak, awug, ayam surundeng, dan galendo. 

galendo


Galendo merupakan salah satu makanan khas daerah Ciamis. Terbuat dari ampas minyak kelapa, galendo memiliki rasa gurih. 
Cara membuatnya dari kelapa yang telah diparut, kemudian diperas, untuk diambil santannya. Santan akan direbus selama kurang lebih empat jam hingga airnya habis. Setelah airnya habis dan menggumpal, gumpalannya tersebut diperas. Nah, perasannya ini yang kemudian menjadi Galendo. Galendo yang sudah jadi biasa dimakan bersama ketan atau dicamil begitu saja.



Salah satu toko galendo yang terkenal di Ciamis adalah Saung Galendo milik H. Endut Rohadi. Saung Galendo yang pertama (pusatnya) milik H. Endut Rohadi ini terletak di kampung Cilame, Ciamis. Sedangkan showroom besarnya ada di daerah cijantung, Ciamis. 

Galendo yang dijual di saung galendo ini dikemas dengan berbagai macam kemasan dan ukuran. Ada yang dikemas memggunakan  kotak kardus,  ada juga yang menggunakan anyaman bambu. Harga sesuai dengan ukuran dan kemasan yang digunakan. Bekisar  11 ribu sampai 35 ribu.


Galendo ini tanpa bahan pengawet dan memiliki daya tahan kurleb hingga 2 bulan.
Demikian, seperti cerita penjaga Saung Galendo di Ciamis saat aku berbelanja di sana. 


16 komentar:

Ani Berta mengatakan...

Galendo makanan tradisional yg unik terbuat dari ampas kelapa dan kalau dibuat sambal enak lho :D
Kalau ke Garut pasti ada ini Galendo

PutriKPM mengatakan...

Aku belum pernah makan itu hehehe jadi penasaran hahaha

Maya Siswadi mengatakan...

Waaahh baru tahu makanan kayak gini. Bentuknya spt apa sih?

Ranii mengatakan...

wah tadi komenku ngga masuk kayanya..
ulang lagi ahh komennya :D

aku belum pernah sih cobain galendo, cuma pernah baca ttg salah satu oleh2 ciamis ini ..

Putri Devina mengatakan...

galendo di tasik juga ada , saya gabegitu seneng .. karna hitam gitu kan :D

Keke Naima mengatakan...

saya juga orang Ciamis, Mak. Tapi gak tau Galendo. Papah saya juga gak pernah ngenalin sama makanan itu. Mungkin karena kesukaannya Rangginang. Jaid rangginang melulu hahaha

Kanker Payudara mengatakan...

makanan khas yang unik dan tidak semua daerah ada

Obat Penyakit Gondok mengatakan...

makasih infonya

Obat Luka Bekas Operasi Cesar mengatakan...

lumayan enak kayanya hehe

Obat Penyakit Liver mengatakan...

jadi pengen nihh

Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 3 mengatakan...

keren keren keren

obat penyakit diabetes mengatakan...

wenak tenan ahaaha

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Waktu baca judulnya, rasanya asing belum pernah kenal. Setelah baca rinci, ternyata masakan sejenis ini di Jawa ada.
Namanya blendo atau blondo, sering dimakan sama jadah, atau disini disebut uli
Rasanya gurih sekali

johar tantowi mengatakan...

thank post comment :)
Obat penurun trigliserida
Buah penurun kolesterol dan trigliserida
khasiat jelly gamat gold g
obat benjolan di pangkal paha
cara mengobati benjolan di leher kanan
pengobatan syaraf kejepit di tulang ekor

johar tantowi mengatakan...

Wah bermanfaat banget nih informasidari artikel ini, makasih ya sob....
obat vitiligo terbaru
khasiat jelly gamat gold g
pengobatan ablasio retina

jarwadi mengatakan...

belum pernah mencicipi makanan khas ciamis ini, tadi dari nama galendo, saya jadi teringat dengan belendo, makanan khas juga dari sisa olahan minyak kelapa di jawa tengah :)

Posting Komentar