T e m u k a n T e m p a t d a n M a k a n a n F a v o r i t m u !

Pilihan Kuliner Nusantara : "Sulawesi Nyamanna'...Pe sadap"

Mau menikmati masakan nusantara dalam satu waktu? Hhmm...Coba saja datang ke Festival Kuliner Serpong yang ada di Summarecon Mall SerpongMencicipi masakan mulai dari masakan khas Jakarta sampai masakan khas Bali, semua ada. Atau mencicipi masakan dengan rasa nyeleneh, masakan khas Sulawesi? Itu pilihanku.

Festival Kuliner Serpong  ini bisa dinikmati sampai dengan tanggal 7 September 2014 loh. Tema yang diusung adalah "Sulawesi Nyamanna'...Pe sadap". Nah, buat pecinta kuliner nusantara, saatnya nih menikmati aneka makanan khas daerah Makassar, Manado, dan Gorontalo.

Dan ini dia aneka kuliner Selawesi yang berhasil kunikmati di Festival Kuliner Serpong 2014...
Coto Makasar 
Siapa juga yang tidak kenal masakan khas Sulawesi Utara ini. Makanan sejenis soto yang berisi jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Hidangkan dengan taburan daun bawang dan irisan bawang goreng, untuk menambah pedas dapat ditambahkan sambal yang beda dari biasanya. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan burasa (ketupat). 

Ikan Tude Bakar Rica 
Ikan yang digunakan bisa ikan kembung banjar atau ikan tongkol. Ikan tude-nya dibakar diatas bara api hingga matang dan kecoklatan, lalu disiram dengan bumbu rica-rica. Bumbunya terbuat dari irisan bawang merah, cabai rawit, tomat, dan sedikit rasa jeruk nipis, yang ditumis sebelumnya.

Sop Konro / Konro Bakar
Harus masuk dalam antrian panjang saat aku memesan sop konro ini di Festival Kuliner Serpong. Ini merupakan masakan khas Sulawesi yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Pilihan variasinya ada dua, tulang iga dibakar bersama siraman bumbu kacang, atau yang langsung direbus bersama kuah seperti sop iga pada umumnya. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sop, tulang iga ini tetap enak disantap. Aroma rempah khas Indonesia sangat terasa pada daging iganya.

Mie Cakalang Rebus
Menu Mie Cakalang (rebus) ini ku dapat di tenant Mie Cakalang Rumah Palem Festival Kuliner Serpong 2014. Ada 3 jenis masakan yang menggunakan ikan cakalang, yaitu mie goreng cakalang, mie rebus cakalang, dan nasi goreng cakalang. Ikan cakalang yang dipakainya pun berbeda-beda. Untuk Mie cakalang rebus memakai ikan cakalang fufu. Disajikan dengan irisan daun bawang yang banyak, jeruk nipis, dan pasti....sambal.

Jajanan Sulawesi

Sebenarnya aku kurang mengenal kue-kue khas Sulawesi, tapi rasa penasaran yang akhirnya membuatku tergiur juga untuk mencicipinya. Ada Balapis (kue lapis, rasanya legit dan aku suka banget!), Biapong goreng (nama lain dari bakpau), Apang Coe (mirip kue apem gula merah yang ditakir daun pandan), dan....
Jajanan yang menjadi santapan terakhirku di Festival Kuliner Serpong 2014 adalah....Lumpia Sulawesi. Kulit lumpianya garing saat digigit. Isinya ada irisan bengkuang, ebi, dan bawang putih. Nikmat disantap dengan cocolan sambal tauco khas Makassar.


Wah, benar makanan-makanan khas Sulawesi ini bisa menggoyang lidah. Keberanian memasukkan berbagai bumbu membuat setiap makanannya selalu dicari orang. Setelah sebulan yang lalu menikmati aneka masakan khas manado di salah satu restoran Jakarta, senang bisa menikmatinya kembali di Festival Kuliner Serpong ini


8 komentar:

hananoyuri mengatakan...

sayang banget nih aku ga icip-icip semua makanannya :'(

Dwina mengatakan...

yaaaahh...sayang bgt. Cepet pulangnya yaa?

rahmi mengatakan...

huaaa aku juga pencinta kuliner Sulawesi terutama Makassar. Coto, lumpia, kapurung, pisang epe.. Sayang jauh festival kulinernya dari Semarang T.T

my words mengatakan...

ndak sempat nyobain kue2nya..... udah kekenyangan konro ma mie cakalang heheheee

Dwina mengatakan...

xixixi...sayang bgt, mba. Mudah2an di Semarang ada ya...:)

Dwina mengatakan...

kuenya buat camilan di perjalanan pulang, bang Rahab.

Yuni Handono mengatakan...

hmmm....enak banget ya mak, meski saya bukan orang Makassar tapi saya suka banget makanan khasnya seperti cotto Makassar, Konro, Sop Saudara, es pisang ijo, es palu butung dll....ngeliat gambarnya bikin ngiler mak xixixi.....sukses untuk lombanya ya mak

taplak warteg gucci mengatakan...

terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

Posting Komentar